hW756E5hj9GtrltoJZzOm35wAsx5uoTDUi0x87e4

Cara Flash Samsung A10s SM-A107F Full File

Tutorial Cara Flash Samsung Galaxy A10s SM-A107F dengan Odin Flash Tool dapat menjadi solusi mudah untuk mengatasi masalah bootloop, lupa password kunci layar. Cara ini sudah kami tested pada device Samsung A10s. Anda dapat memulai tindakan dengan menginstal full file ke perangkat Anda melalui dukungan Flash Tool gratisan ini

Cara ini bisa dikatakan lebih mudah, juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan upgrade software. Anda hanya memerlukan persiapan file dukungan yang tepat. Tanpa adanya hal tersebut, cara flash Samsung A10s tidak akan bisa Anda lakukan. Apalagi tujuan Anda adalah melakukan perbaikan software, upgrade software, atau downgrade OS. 

Tentunya Anda harus berpikir matang terlebih dahulu sebelum memulai langkah ini. Persiapkan apa saja yang memang diperlukan supaya tidak ada kesalahan.

Samsung Galaxy A10s merupakan smartphone keluaran terbaru yang sudah banyak beredar dipasaran. Ia juga menyandang spesifikasi yang sangat canggih. 


Kalau Anda juga memang baru membeli smartphone ini, Anda tidak perlu ragu dengan beberapa hal penting. Termasuk tentang cara memulihkan device Anda sendiri. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui selama Anda menggunakan smartphone tersebut. Selain dari penggunaan sehari-hari saja untuk komunikasi, Anda juga harus memahami tentang beberapa tips penting.

Contohnya, langkah dalam mereset data pabrik. Tindakan ini sangat membantu Anda ketika device Samsung Anda dalam masalah yang rumit. Terutama karena kinerjanya yang sudah kurang responsif, atau malah sering saja ngelag saat mencoba membuka atau mengggunakan aplikasi.

Simak: Cara Reset Samsung Galaxy A10s

Termasuk ketika Anda mendapatkan masalah kunci layar seperti halnya password atau pola. Ini menjadi masalah yang mudah untuk diselesaikan dan tidak akan membuang waktu Anda. Mungkin hanya akan ada sedikit resiko yang akan Anda dapati.

Yaitu mengenai terhapusnya data yang tersimpan didalamnya. Ini karena kondisi smartphone sudah terkunci dan mungkin untuk membuat file cadangan tidak dapat dilakukan. Begitu juga ketika device Anda stuck di logo.

Keadaan smartphone sudah tidak dapat masuk ke menu sistem dan kemungkinan juga tidak bisa ada kesempatan untuk membuat mencadangkan data-data Anda. Sekarang jika memang smartphone Anda bootloop, ini berarti ada masalah dengan perangkat lunak (Software), dan memerlukan pembaruan.

Cara flash Samsung Galaxy A10s dengan Odin merupakan solusi yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Ini menjadi tahap yang tepat ketika Anda sudah mencoba dengan cara hard reset tapi tetap tidak ada perubahan.

Kemungkinan device Anda memang memerlukan tahap flashing firmware. Ini bukan berarti tidak berhasil dengan cara mengembalikan setelan pabrik. Flashing adalah langkah install firmware, biasanya menggunakan dukungan Flash Tool.

Tapi untuk Samsung ini sudah memiliki Odin yang bisa digunakan untuk langkah tersebut.

Sekarang bagi Anda yang ingin tahu mengenai memflash firmware, Anda dapat memahami tips dan langkah yang akan kami berikan.

Tutorial ini saya buat sesuai dengan pekerjaan, dan pengalaman dilapangan. Tentunya memang sudah dicoba dengan benar menurut prosedur. Saya menggunakan 4 file untuk langkah full flashing, yaitu BL, AP, CP, dan CSC.

Terutama buat Anda yang memang belum paham tentang install firmware, Anda dapat mengikuti panduan ini secara bertahap agar berhasil.

Cara Flash Samsung Galaxy A10s SM-A107F via Odin Flash Tool

1. Silahkan mulai dengan mengisi daya baterai device Anda hingga memiliki daya sekitar 60 persen atau lebih. Jangan mengabaikan hal ini karena ini merupakan syarat utama.

2. Download ketiga file yang saya sebutkan berikut:
  • Samsung USB Driver
  • Odin
  • Stock Firmware A107FXXS8CVL1
  • Pilih file yang sesuai yaitu versi terbaru untuk upgrade Android 11
3. Ekstrak semua file dalam format Zip, termasuk firmware yang baru saja Anda unduh. Anda akan mendapatkan file dalam folder yang terpisah.

4. Install saja driver SAMSUNG hingga selesai. Setelah itu, hubungkan microUSB kabel pada port Komputer Anda.

5. Nonaktifkan terlebih dahulu smartphone Samsung Galaxy A10s Anda sampai benar-benar ia off. Jika device susah dimatikan, tekan bareng tombol Volume Atas dan Volume Bawah, dan Power. Tekan saja beberapa detik maka device akan mati. Selanjutnya, tekan tombol Volume Bawah dan Volume Atas sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Ketika sudah muncul notifikasi 'Warning' dilayar device Anda, tekan sekali tombol Volume Atas. Perangkat akan masuk pada Mode Odin atau Downloading seperti contoh berikut.

Samsung Odin Mode

6. Setelah dalam mode Downloading, jalankan aplikasi Odin Flash Tool. Anda akan melihat bahwa Odin telah membaca atau mendeteksi perangkat Anda dengan kotak BIRU dan muncul dengan nomor Port COM.

7. Sekarang Anda bisa menambahkan setiap file ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama kolomnya. Yaitu file BL, AP, CP, dan terakhir adalah CSC. Gunakan file CSC jika Anda ingin melakukan flash bersih (Full Flash). Gunakan file HOME CSC jika Anda ingin memflash tapi tidak menghapus data pengguna. Home CSC ini hanya digunakan pada saat Anda ingin melakukan upgrade software, atau flashing biasa. Ini berarti kondisi device bukan termasuk ketika boootloop. Namun bisa saja Anda coba.

Menambahkan File Binary Samsung A10s

8. Berikutnya, jangan centang kotak tambahan yang ada di Odin. Pilihan yang akan diperiksa adalah F Reset Time dan Auto-Reboot. Biarkan ini normal saja secara default.

9. Setelah semua penambahan file sudah dilakukan dengan benar, klik tombol Start. Tunggu saja sampai Odin memflash firmware, dan mengatakan 'PASS' di kotak hijau. Ini berarti, flashing firmware telah berhasil dilakukan. Jika ada pesan failed saat flashing, solusinya kamu bisa cek USB kabel. Pokoknya antara koneksi device dengan komputer harus benar-benar terjaga.

10. Setelah flash selesai, device Anda akan reboot, dan Anda dapat memutuskan koneksi smartphone Anda dari USB kabel.

Lebih jelasnya Anda juga dapat menyimak tutorial dari video kami berikut.

Anda telah sukses memperbarui perangkat Anda dengan cara flash Samsung Galaxy A10s. Sekarang Anda bisa menunggu device loading untuk beberapa menit saja. Biasanya tidak memakan waktu lama.

Jika dilayar smartphone Anda sudah muncul pilihan bahasa, Anda bisa memilih diantaranya yang ingin Anda gunakan. Bila perlu, Anda juga harus memiliki paket internet aktif di device tersebut untuk bisa login ke akun email Anda.

Demikianlah tutorial saya tentang cara flash Samsung Galaxy A10s menggunakan Odin. Semoga bisa menjadi tahap yang dapat membantu Anda untuk melakukan perbaikan maupun pembaruan software pada device.

Post a Comment